Tau ngga apa aja Jenis ikan Hias? banyak loh.


Ikan Hias Jenis Gambar Dan Budidaya Ikan Hias Air Tawar Laut Aquarium. Salah satu hewan peliharaan yang dapat sobat pembaca pertimbangkan untuk dimiliki adalah ikan hias. Ketika kita telah merasa jenuh setelah aktivitas sehari-hari ataupun dikala kita sedang bengong kita dapat memandang ikan hias yang memiliki bentuk dan warna yang mempesona.

gambar foto ikan hias

Jenis-jenis ikan hias air tawar

Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang bernilai ekonomi tinggi, paling banyak dicari dan berpotensi. Dari informasi ini, sobat dapat pula untuk memulai budidaya ikan hias ini.

7. Ikan discus

gambar foto ikan discus

Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan Amazon. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disk) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium. Ikan yang paling besar bisa mencapai diameter 15 cm. Discus cocok dikembangbiakan di iklim tropis dengan suhu air 25-30oC, tingkat keasaman 6-6,5 pH dan kesadahan 3-5 dH. Untuk pemeliharaan dalam akuarium harus sedikit telaten, karena ikan discus mudah stress.

6. Ikan louhan

gambar foto Ikan louhan

Ikan louhan dalam bahasa Inggris Flowerhorn cichlid tidak ditemukan di alam bebas. Ikan hias air tawar ini merupakan hasil persilangan manusia dari berbagai jenis ikan Cichlid. Louhan pertama kali dikembangkan di Malaysia. Banyak orang menyukai ikan ini karena warna sisik dan benjolan dikepalanya. Selain di Malaysia, ikan ini dikembangkan juga di Taiwan.

Kini ikan louhan menyebar ke berbagai negara. Banyak kritik yang dialamatkan pada ikan ini, diantaranya dianggap merusak strain-strain ikan Cichlid. Iklan louhan mempunyai sifat agresif dan bila lepas ke perairan umum bisa menjadi predator bagi ikan lainnya.

5. Ikan guppy

gambar foto Ikan guppy

Ikan guppy (Poecilia reticulate) merupakan ikan dari daerah Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini sangat mudah beradaptasi sehingga penyebarannya meluas ke seantareo bumi. Terdapat catatan pada tahun 1929, di Jawa Barat banyak ditemukan ikan guppy di parit-parit. Saat ini ikan guppy bisa ditemukan di berbagai perairan air tawar di Indonesia.

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang gampang dibudidayakan. Ikan guppy bereproduksi secara internal dan melahirkan anak. Anak-anak ikan guppy bisa langsung berenang dengan baik. Guppy kawin dengan memasukan organ gondopodium yang berada pada sirip anal dimasukan kedalam organ telur betina. Dalam satu kali perkawinan dapat menghasilkan 3 kali kelahiran dalam waktu tiga minggu. Seekor indukan betina dapat menghasilkan sekitar 60 burayak.

4. Ikan arwana

gambar foto ikan arwana

Nama latin ikan hias air tawar ini adalah Scleropages sp. Arwana merupakan salah satu ikan endemik Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dahulu, ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan di kolam-kolam.

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang bernilai tinggi. Harga per ekornya untuk ukuran kecil bisa mencapai jutaan rupiah, terutama untuk jenis-jenis tertentu. Sentra produksi ikan arwana ada di Kalimantan dan Sumatera.

3. Ikan koki

gambar foto ikan koki

Ikan koki (Carrasius auratus) masih satu keluarga dengan ikan mas yang biasa dikonsumsi. Pertamakali dikenal sebagai ikan hias di Cina. Namun yang mempopulerkan ikan koki ke seluruh dunia adalah bangsa Jepang. Dari negeri ini, ikan koki menjadi semakin variatif dengan berbagai warna dan bentuknya.

Ikan koki sudah lama masuk ke Indonesia dan dibudidayakan meluas. Sentra produksi koki terbesar ada di Tulungagung, Jawa Timur. Kota ini memproduksi lebih dari 55 juta ekor ikan koki setiap tahunnya. Sebagian besar ditujukan untuk pasar domestik, sebagian lainnya untuk ekspor. Meski harga per ekornya relatif murah, ikan ini gampang dibudidayakan secara massal.

2. Ikan cupang

gambar foto ikan cupang

Ikan cupang atau Betta sp. merupakan salah satu jenis ikan air tawar endemik Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Habitat asli ikan ini adalah rawa-rawa di daerah tropis. Ikan cupang sanggup hidup dalam volume air yang sedikit air dengan oksigen yang minimal. Cupang bisa disimpan dalam toples terbuka yang tidak beraerasi.

Ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan. Selain warna sisik dan siripnya yang berkilauan, Ikan ini mempunyai sifat agresif. Cupang bisa merobek-robek sesamanya dalam pertempuran yang berlangsung berjam-jam lamanya. Ikan cupang sangat mudah dibudidayakan, bahkan bisa dilakukan dalam skala rumah tangga sekalipun.

1. Ikan koi

gambar foto ikan koi

Ikan koi atau Cyprinus carpio L pertamakali dikembangkan di Jepang. Mereka mengembangkannya dari ikan mas (karper). Sekitar tahun 1820-an Jepang berhasil menyilangkan beberapa strain ikan karper menjadi ikan koi dengan warna merah dan putih yang menarik. Kemudian tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainya. Dari Jepang popularitas ikan hias air tawar ini menyebar ke berbagai belahan dunia lain.

Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang untuk dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni menarik yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini tidak mudah dikembangbiakan. Perlu sarana yang memadai dan modal yang cukup untuk membuka fasilitas pengembangbiakan ikan koi.

Budidaya Ikan Hias Di Aquarium

Budidaya ikan di aquarium merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat pencinta ikan hias, karena dengan budidaya tersebut dapat dilakukan di rumah serta mudah dalam melakukannya. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa biaya pembuatan aquarium sangat mahal, namun anggapan tersebut dapat kita mentahkan jika kita berusaha sendiri membuat aquarium tersebut. Pembuatan aquarium hanya untuk budidaya ikan, dapat kita buat secara sederhana dengan biaya yang terjangkau.

Pembuatan Aquarium


Bahan dan Alat

  • kaca
  • lem
  • penggaris
  • aerator
  • filter
  • lampu
  • gambar background

Cara Membuat

Untuk membuat aquarium mudah, hanya membuat pola berbentuk kubus kemudian  direkatkan masing-masing sisi di tunggu sampai rekat kemudian kita isi air apakah tidak mengalami kebocoran atau tidak, setelah itu kita bisa memasang filter, aerator serta aksesoris lainnya sebagai pemanis aquarium.

Budidaya ikan hias

Ikan hias ada berbagai macam salah satunya ikan mas, ikan mas banyak dijumpai di sekitar kita, selain itu pula ikan tersebut dapat kita jumpai dengan mudah serta tidak gampang terkena hama dan penyakit. Dalam budidaya ikan hias dalam sebuah aquarium bisa kita tempatkan 4-8 ikan untuk pembesaran, sedangkan untuk budidayanya sendiri kita bisa menempatkan 1 ekor jantan dan 3 ekor betina atau perbandingan 1:3. Hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan dari aquarium itu sendiri seperti membersihkan aquarium aeminggu sekali. selain itu kita harus mengecek setiap saat kondisi ikan tersebut.

Cantik-cantik ya sob ikan hiasnya. Admin jadi pengin melihara juga ni... he... Sekian saja dari admin info terbaru, semoga sobat pembaca senang dengan apa yang telah admin sajikan. Untuk melihat budidaya ikan yang lain, silahkan menuju link budidaya.Sampai ketemu lagi dipostingan selanjutnya. Terima kasih dan sukses selalu buat sobat... :)

0 Response to "Tau ngga apa aja Jenis ikan Hias? banyak loh."

Posting Komentar