5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Wu Xing pernah menyampaikan sebuah berita mengenai 5 unsur kehidupan yakni air, api, tanah, logam, dan kayu. Dalam urusan ini, dapat kita jumpai pada kehidupan kita keseharian bahwa kelima elemen itu masih sangat dibutuhkan dan paling bermanfaat untuk kita semua. Baik manusia, hewan, atau tanaman sangat memerlukan kelima elemen itu sebagai penyongsong guna bertahan hidup. Lima unsur kehidupan tersebut sebetulnya ada dalam satu tanaman. Meskipun terdapat satu elemen penyokong dari kelima elemen itu yaitu angin. Apa peran angin dalam kehidupan?

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Tanaman, adalahsalah satu makhluk hidup ciptaan Allah SWT. Berkat rahmat Allah SWT, tumbuhan yang tumbuh di dunia ini dapat saja dimanfaatkan oleh manusia. Meski sejumlah tanaman tidak dapat dimanfaatkan oleh manusia, bakal tetapi guna dari tumbuhan tersebut tetap dapat dirasakan insan yaitu dengan seimbangnya alam kehidupan ini. Keseimbangan itulah yang juga diperlukan oleh tanaman. Yaitu ekuilibrium dari lima elemen tersebut sendiri. Air, api, tanah, logam, dan kayu dengan didukung oleh angin.

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Air

Sejatinya, air adalahsalah satu sumber kehidupan di muka bumi ini. Bisa dibayangkan bilamana tidak terdapat air maka dapat dipastikan tidak terdapat pula kehidupan. Sebagai di antara elemen kehidupan, air menyatu dalam tanaman. Tanaman membutuhkan sejumlah kadar air guna melangsungkan sejumlah proses kehidupan pada tanaman. Air dalam tanah, diserap oleh akar lantas diteruskan melewati sebuah jaringan yang disalurkan untuk suatu proses fotosintesis.

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Api

Api yang besar dapat saja menjadi musuh untuk kita. Api yang dapat kita manfaatkan ialah api yang kecil dan dapat dikendalikan. Lalu, bagaimana dengan unsur kehidupan yakni api menyatu dalam tanaman? Yaitu melewati sebuah sumber api abadi atau yang disebut matahari. Matahari sebagai sumber panas yang abadi pun sangat dibutuhkan oleh tanaman. Panas matahari itulah yang diperlukan oleh tumbuhan untuk menolong proses fotosintesis.

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Tanah

Tanah lokasi kita berpijak. Boleh disebutkan bahwa di atas tanah, disitulah lokasi berpijak makhluk hidup. Tanaman tumbuh pada media tanah. Salah satu unsur kehidupan berikut yang bakal menjadi lokasi media tumbuh dan berkembangnya tanaman. Mulai tunas kecil sampai tanaman besar yang dewasa. Hingga lantas layu dan mati pulang menjadi tanah lagi atas kehendak Allah SWT. Tanah yang baik untuk tanaman ialah tanah yang subur.

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Logam

Logam tidak hanya diperlukan oleh manusia. Tetapi khususnya untuk tanaman, unsur logam adalahsalah satu bagian mikro dan makro yang dibutuhkan untuk tanaman. Elemen logam yang pun unsur mikro dan makro ini tersedia pun pada tanah yang subur. Yaitu tanah yang kandungan baik mikro ataupun makronya paling seimbang. Itulah sebabnya bahwa unsur logam memengaruhi kesuburan tanah. Unsur hara esensial yang diperlukan tanaman terdiri dari bagian hara makro (N, P, K, Ca, Mg, dan S) dan bagian mikro (Zn, Cu, Mn, Mo, B, Fe, dan Cl).

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Kayu

Sebagai unsur kehidupan, kayu adalahhasil dari proses lignifikasi (pengayuan) dari suatu bagian tumbuhan yaitu batang dan ranting. Elemen kehidupan ini yang pun sebagai unsur inti dari tanaman tidak sedikit dimanfaatkan oleh manusia. Kayu dipakai untuk sekian banyak  keperluan, mulai dari memasak, menciptakan perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan tidak sedikit lagi. Penyebab terbentuknya kayu ialah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel sekian banyak  jaringan di batang.

5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman

Itulah sejumlah elemen kehidupan yang menyatu pada tanaman. Elemen yang sudah menyatu itu tidak dapat dipisahkan dari tanaman. Karena bilamana salah satu elemen itu berpisah. Maka tanaman dapat saja berpulang pada elemen aslinya yakni tanah. Semua tumbuhan pada suatu ketika nanti pun akan berpulang kepada elemen aslinya. Di samping pada tanaman, unsur kehidupan itu juga diperlukan oleh seluruh makhluk hidup kecuali tanaman.

0 Response to " 5 Elemen Kehidupan Menyatu Dalam Tanaman"

Posting Komentar