Sudah satu bulan lebih BlackBerry Messenger debut untuk platform iOS dan Android platform, dan penetrasinya terpantau sangat baik di iPhone. Pada tanggal 22 November, BBM masuk ke dalam Top 5 iOS app untuk download di lebih dari 50 negara. Termasuk pasar penting seperti Afrika Selatan, Nigeria, Argentina, Kolombia, UEA, Kanada, dan Inggris. Di luar dugaan, ternyata BBM cukup seimbang dengan WhatsApp dalam hal kompetisi Download di pasar seperti India dan Inggris pada akhir November. Bahkan BBM mampu menunjukkan ‘umur panjang’ dalam beberapa pasar iPhone seperti Amerika Latin, Afrika, Eropa, dan Asia.
Pada saat yang sama, kinerja BBM di platform Android ternyata sedikit goyah. Pada daftar aplikasi Google Play, BBM masuk dalam 10 aplikasi teratas di empat negara saja yakni Indonesia, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Dibandingkan BBM di iPhone, kinerja BBM di Android terbilang buruk cukup drastis seperti di Amerika Latin, negara-negara di Eropa, Asia, dan Afrika.
Salah satu contoh, di Malaysia, BBM masuk daftar aplikasi No 14 di iPhone tetapi No 44 di Google Play. Di Argentina, BBM adalah aplikasi No 1 untuk pengguna iPhone tetapi hanya No 14 di Google Play. Bahkan, di Filipina, BBM berada di posisi No 26 untuk iOS namun No 144 untuk Android.
Data perbedaan pengguna ini cukup menarik, mengingat tidak ada perbedaan fitur pada keduanya. Mungkin basis pengguna BBM memang berbeda, lebih dewasa, lebih makmur, dan lebih berorientasi bisnis sebagai warisan peran BlackBerry sebagai handset corporate. Pendekatan aplikasinya lebih ke finansial, utilitas, dan berita. Tentu akan menarik mengetahui penilaian BlackBerry terhadap data ini.
0 Response to "BBM masuk ke dalam Top 5 iOS app "
Posting Komentar